Lizzie Velasquez Dijuluki "Gadis Terburuk di Dunia"

  • Berita
  • 0
  • 16 Sep 2012 10:15
Liputan6.com, Los Angeles: Adakah wanita berpenampilan fisik amat buruk? Ada. Wanita yang kurang beruntung itu adalah Lizzie Velasquez. Gadis 23 tahun ini lahir tanpa jaringan adiposa yang artinya tidak memiliki lemak tubuh dan tidak bisa mencapai bobot tubuh ideal.   

Kondisi fisik Lizzie Velasquez ini mendapat ejekan dan hinaan luar biasa, termasuk di dunia maya. Bahkan Velasquez dijuluki "The World's Ugliest Woman".

Apakah semangat hidup Lizzie Velasquez kemudian menjadi luruh? Ternyata tidak. Meski sering mendapat intimidasi dan ejekan, ia tetap berjuang agar memiliki rasa percaya diri dengan penampilannya yang 'istimewa' itu. Gadis asal Texas ini tak berniat sama sekali untuk mengubah penampilannya agar menjadi cantik.

Laman Daily Mail edisi Jumat (14/9) menulis bahwa ketika tampil di acara Dr Drew, ia mengaku sering diejek banyak orang karena penampilan fisiknya. Tapi Lizzie Velasquez tidak pernah merasa sakit hati. Semua itu dilaluinya dengan penuh perjuangan bertahun-tahun.

Lizzie Velasquez yang terlahir tanpa jaringan adiposa itu berasal dari Austin, Texas, AS. Liz lahir prematur dengan bobot 0,9 kilogram. Ketika itu, dokter menemukan ada sedikit cairan ketuban yang melindunginya di dalam rahim.

Lizzie tak akan bisa gemuk meski sehari makan terus menerus. Bobot badan Liz hanya 26,3 kilogram. Para dokter sendiri sebenarnya masih belum ada kata sepakat tentang kelainan yang dialami Lizzie Velasquez. Diperkirakan, di dunia ini baru ada dua orang yang mengalami kelainan seperti Liz. 

Lizzie Velasquez telah menulis buku yang kedua tentang perjuangannya agar bisa diterima dan disejajarkan di lingkungan masyarakat. Liz berharap pengalaman yang ditulisnya di dalam buku bisa membantu orang lain yang memiliki pengalaman seperti dirinya.

Buku berjudul "Be Beautiful, Be You" telah dirilis 13 September. Dalam buku tersebut gadis yang gigih memperjuangkan hidupnya itu memberikan rekomendasi kepada banyak orang agar tetap menjadi yang terunik dan juga membagikan pengalaman bagaimana menghadapi berbagai macam bentuk bullying serta ejekan negatif. Buku ini pun memberikan pengalaman pembelajaran bagaimana menjaga hubungan pertemanan yang baik.

Gejala utama sindrom yang diderita Liz adalah ketidakmampuan untuk menambah berat badan. Lizzie Velasquez juga mengalami kebutaan pada salah satu matanya dan mata yang lainnya kemampuan penglihatannya terbatas.

Lizzie Velasquez pantas bingung dengan kondisi yang dialaminya itu karena penderitaannya diikuti juga dengan aspek sindrom lainnya. Di antaranya, hidung runcing, mulut kecil, dan juga sindrom progeria dengan pengeriputan pada kulit layaknya penuaan dini.

Meski Lizzie Velasquez sangat tegar, ia juga tetaplah wanita biasa dan manusia. Itulah yang diungkapkannya dalam acara Dr Drew.

"Aku manusia, tentu saja hal-hal ini akan terasa sakit," ungkap gadis Lizzie Velasquez seperti keluar dari lubuk hatinya yang paling dalam. (Vin)
Comments 0
Sign in to post a comment