Mencicipi Kuliner Hawaii ala Kota Kembang

  • Berita
  • 0
  • 11 Agu 2012 23:52
Liputan6.com, Bandung: Bagi pecinta wisata kuliner mancanegara kini tak perlu pergi ke luar negeri untuk bisa menikmatinya, seperti halnya Restoran 3Dolphins Diner di Bandung, Jawa Barat. Restoran ini menyediakan menu khas Kepulauan Hawaii, Amerika Serikat.
 
Pemilik sekaligus chef restoran Dimas Soeyono mengatakan, selain menyediakan menu asli khas Hawaii, restoran ini juga menyediakan menu Hawaii yang diramu dengan masakan Indonesia. Alhasil, pengunjung bisa juga mendapatkan masakan yang unik dan sepesial. Suasana interior khas ala Hawaii juga membuat pengunjung bisa menikmati suasana pantai favorit AS itu.
 
"Menu makanan Hawaii di sini, lebih banyak diperbarui, yang favorit dipertahankan, dan menambah menu makanan spesial yang lain. Menu andalan ada locomoco, paniolo steak, dan huli-huli chiken dan baked dory," ujar Dimas kepada Liputan6.com di Bandung, belum lama ini. 
 
Dimas menjelaskan, locomoco merupakan makanan sarapan khas Hawaii yang berisi daging burger dan roti. Namun, karena kebiasaan orang Hawaii makan nasi dan ingin cepat saji, maka diramu menjadi daging burger, telur, saos gravi, dengan santapan nasi.
 
Bagi Anda yang gemar steak, di sini dapat mencoba paniolo steak. Daging steak biasa ditambah rempah-rempah khusus yang diambil dari esensi masakan aslinya. Rempah-rempah yang terdiri dari paprika bubuk, bubuk rumput laut, lada hitam dan garam ini menjadikan steak terasa lebih gurih dan menggoda selera.
 
Nah, untuk Anda yang gemar masakan ayam, di sini bisa memilih huli-huli chicken. Perpaduan silky ayam yang dibakar dengan saos dan kecap, sehingga menyerupai ayam kecap versi Indonesia. "Jadi mereka biasanya mengunakan wine, kalau saya menggunakan tape manis, karena aslinya manis asin," jelasnya.
 
Bagi yang gemar seafood, Anda juga bisa mencoba menu island style baked dory, ikan bakar yang dimasak di dalam kertas minyak biasa yang dibalut sayuran. "Selain menu makanan, kami juga menyediakan minuman khas Hawai, mai tai, jus jeruk nanas, sama mangga," ujar Dimas.
 
Di 3Dolphins Signature Poke perlu juga Anda coba sushimi ala Hawaii, namun di sini sedikit berbeda. Selain menggunakan rempah-rempah juga menggunakan minyak wijen. "Di sini juga ada tambahan bau jeruk dan tambahan nasi bakar sebagai khas Kota Bandung," ujarnya.
 
Sementara untuk minuman di sini tersedia pinakolada, campuran susu, santan, kelapa, dan pisang. Anda juga harus mencoba minuman lomi-lomi salmon confit acar. Sari apel dan salmon yang dimasak selama 10 menit, di dalam minyak yang hangat dan disajikan denga acar apel, dan tomat ceri serta salad rumput laut. "Hawaiian hot chocolate juga nikmat karena panas-panas pedas lada," jelasnya.
 
Selain khas Hawaii, di sini juga tersedia makanan khas Indonesia yang sudah terkenal, seperti nasi Bali, ayam betutu, gudeg, gule otak, bahkan rendang. Meskipun rendang di sini agak berbeda, karena ada campuran dark cokelat saos rendang dengan rendang hitam.
 
Selain itu, pengunjung juga bisa belajar memasak atau memesan masakan sesuai keinginan. Pasalnya restoran ini juga menyiapkan sekolah memasak, baik untuk pelajar, ibu rumah tangga, ataupun calon ibu rumah tangga, bahkan suami sekalipun.(ADI/ADO)
Comments 0
Sign in to post a comment