Nasi Jamblang, Penggugah Selera Saat Berbuka

  • Kuliner
  • 0
  • 26 Jul 2012 14:06

120726bnasi_jamblang.jpg
Liputan6.com, Cirebon: Sega Jamblang atau yang lebih dikenal dengan nama nasi Jamblang merupakan makanan khas Cirebon, Jawa Barat. Nasi ini juga cocok dihidangkan saat berbuka puasa. Bahkan nasi jamblang bisa menggugah selera si penikmatnya.

Nama Jamblang sendiri berasal dari nama daerah di sebelah barat Kota Cirebon, tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Penyajian makanannya pun bersifat prasmanan.

Suryanto salah satu penikmat nasi jamblang mengaku, berbuka dengan nasi jamblang ini sungguh menggugah selera. Berbagai lauk disediakan sehingga para pengunjung bisa memilih secara langsung lauk yang akan disantapnya.

"Buka dengan nasi jamblang emang enak, banyak pilihan dan kita bisa pilih sendiri," ungkapnya saat ditemui di di kawasan Jl. Dr. Cipto, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (25/7).

Menu yang tersedia dalam penyajian untuk lauk nasi jamblang itu cukup banyak, tak kurang dari 10 macam masakan tersedia untuk menemani nasi jamblang. Contohnya saja sambal goreng, tahu sayur, paru-paru (pusu), semur hati atau daging, perkedel, sate kentang, sate udang, telur dadar/telur goreng, telur masak sambal goreng, semur ikan, ikan asin, tahu, dan tempe. Untuk harganya bervariasi tergantung menu lauk yang kita pilih. (MEL)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment