Taman Nasional Gunung Halimun-Salak nan Memesona

  • Berita
  • 0
  • 12 Mei 2012 09:22

120512ataman-nasional.jpg
Liputan6.com, Bogor: Taman Nasional Gunung Halimun-Salak berada di lahan seluas 113.357 hektare. Kawasan konservasi alam di Jawa Barat, melindungi hutan hujan dataran rendah, termasuk hewan-hewan penghuninya. Dengan kata lain, para pengunjung saat ini akan disuguhi kekayaan flora dan fauna langka, serta keramah-tamahan masyarakat sekitar.

Keanekaragaman hayati yang dikandungnya termasuk yang paling tinggi. Ada pakis, puspa, palem soliter hingga damar yang dilindungi oleh negara. Bagi penggemar fauna, hewan-hewan langka dan cantik ada di sana. Elang jawa dan macan tutul jawa pun ada meski muncul pada masa tertentu.

Nah, bila beruntung, Anda juga bisa melihat-lihat tumbuhan jamur yang bersinar di kegelapan. Boleh dibilang, memang sulit mencapai taman nasional ini. Anda harus siap menjelajah medan dengan mobil jelajah medan ektrem atau off road.

Belum lagi menyusuri sungai dan hutan selama dua hingga tiga jam perjalanan dari kantor pusat taman nasional. Tapi semua terbayar karena Anda bisa beristirahat di homestay atau rumah penduduk.

Bila tidak ingin repot-repot bawa makanan dari rumah, Anda bisa mencicipi masakan tuan rumah dengan merogoh kocek Rp 25 ribu sekali makan.

Tak mengherankan, bila kemudian pesona taman nasional ini dikagumi dunia internasional. Bahkan, Kepala Taman Nasional Haleakala, Hawaii, Amerika Serikat, M. Sarah Creachbaum menyempatkan diri berkunjung ke sana. "Ini adalah salah tempat terindah yang pernah saya lihat," ujar Sarah.

Kekaguman serupa datang dari Yoshino Tamai, mahasiswa program master Universitas Tokyo, Jepang. "Saya sangat suka sekali, ini sangat merilekskan, gunung besar, banyak pohon di sini, pisang, jahe, pepaya, dan masih banyak pohon lainya."

Jadi, tak ada salahnya Anda melirik Taman Nasional Halimun-Salak sebagai alternatif berlibur keluarga yang menyenangkan sekaligus mendidik.(ANS)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment