Yuk, Berkunjung dan Mengenal Angkatan Laut Kita

  • Berita
  • 0
  • 10 Mar 2012 08:35
Liputan6.com, Surabaya: Berkunjung ke Markas Komando Armada Timur yang bermarkas di Surabaya, Jawa Timur ternyata sangat menyenangkan. Jauh dari bayangan 'angker'. Itulah yang dialami Tim Liputan 6 beberapa saat lalu untuk mengenal lebih dalam para penjaga perairan laut negeri tercinta Indonesia. Tim Liputan 6 pun diajak berjalan-jalan keliling melihat-lihat berbagai peralatan perang jajaran armada laut, mulai dari pasukan khusus Komando Pasukan Katak dengan berbagai kemampuan tempurnya, peralatan kapal perang, hingga pesawat tempur. Apa pun yang dimiliki TNI Angkatan Laut sekarang tetaplah membanggakan bagi kita warga negara Indonesia.

Beberapa contoh kapal perang yang kini dimiliki Angkatan Laut RI antara lain, KRI Diponegoro-365 dan kapal selam Nanggala 402 yang telah diperbarui di Korea Selatan. Sangat menyenangkan bisa masuk dan melihat-lihat bagian dalam kapal kebanggaan kita itu. Komandan kapal KRI Diponegoro 365, Letkol Laut Antonius Widyo Utomo dan Mayor Laut Hari sang komandan kapal selam KRI Nanggala 402 menjelaskan banyak hal tentang peralatan perang tersebut.

Setelah berputar-putar di sekitar kapal perang, kini waktunya pamit untuk melihat dan mengenal kekayaan lain dari penjaga kawasan maritim kita di Markas Komando Armada Timur yang juga sangat membanggakan, yakni Komando Pasukan Katak.

Siapa yang meragukan kemampuan tempur Komando Pasukan Katak kita? Militer asing pun mengakui dan salut akan kemampuan Kopaska kita. Beruntung sekali Tim Liputan 6 diajak mengenal lebih dalam dan bahkan ikut serta dalam salah satu latihan tempur taktis tim elite AL itu yang disebut dengan Small Tactic Training.

Komando Pasukan Katak merupakan bagian dari pasukan tempur AL yang mempunyai kemampuan unggul di laut dan darat. Komandan Tim Komando Pasukan Katak Mayor Laut Yudo Ponco yang ramah itu menjelaskan berbagai hal dengan sangat gamblang.  

Meski hanya ikut berlatih tempur dalam skala kecil, namun cukup menegangkan dan memeras tenaga. Bisa diduga, kami sangat keteteran untuk bisa mengikuti pergerakan mereka. Maklumlah... Tapi bagaimana pun, ini menjadi pengalaman yang sangat mengasikkan.

Berkunjung ke Markas Pasukan Katak rasanya belum lengkap jika tidak mencoba ikut menyelam. Di sinilah rasanya mendapatkan pengalaman belajar menyelam yang sesungguhnya. Asik sekali. Tapi sayang waktu juga yang membatasi kesempatan berkunjung ke sini.

Kami pun berpamitan. Suatu hari nanti kami akan kembali berkunjung ke sini. (Vin)
Comments 0
Sign in to post a comment