Dapen, Teknik Kuno Penyajian Makanan

on Jan 31, 2012 at 12:38 WIB

Liputan6.com, Beijing: Jika di Indonesia pelayan rumah makan Padang lihai membawa banyak piring sekaligus di lengan saat menyajikan pesanan, di Cina ada juga keahlian pelayan yang serupa namun tak sama. Seperti apa?

Pelayan bernama Guangqiang membawa piring piring berisi makanan pesanan para pembeli. Dengan lincah, pria berusia 54 tahun ini meletakkan tampah kayu sepanjang 2 meter berisi piring ke atas kepalanya. Lalu ia melenggang dengan cepat melewati kerumunan orang, menuju pemesan. Tak ada setitik pun makanan yang tumpah, Selasa (31/1).

Keahlian Yang disebut dapen, yakni kemampuan membawa piring makanan bahkan mangkuk sup di atas kepalanya. Sesekali jalan, yang bisa membawa 10 piring dengan berat total mencapai 15 kilogram.

Menurut Yang, ia bisa melakukan dapen sejak 30 tahun lalu. Sebelumnya ia berlatih dengan membawa kayu berat di atas kepalanya setiap hari. Ia bahkan berjalan sejauh setengah kilometer sambil membawa 30 kilogram kentang di atas kepalanya.

Tak banyak generasi muda Cina masa kini yang bisa melakukannya. Tak heran, aksi yang di festival tahun baru Cina di Chongqing menjadi pusat perhatian masyarakat dan media.(Reuters/MEL)
Suka artikel ini?

0 Comments