Kue Perut Punai, Camilan Khas Bengkulu

  • Berita
  • 0
  • 27 Nov 2011 07:07

111127aoleh-bengkulu.jpg
Liputan6.com, Bengkulu: Bengkulu tak hanya terkenal dengan oleh-oleh khasnya lempuk durian. Ada jenis oleh-oleh yang lain dari daerah ini, yakni kue perut punai.

Makanan ini dibuat dari adonan tepung terigu yang terlebih dulu disangrai dengan sedikit garam. Karena miripnya dengan bentuk isi perut burung punai yang melilit dan melingkar, maka adonan tepung yang sudah kalis langsung digoreng. Ada dua pilihan rasa, yaitu rasa gurih adonan tepung bergaram atau perut punai berbalut gula aren karamel tinggal pilih.

Lain lagi dengan kue kacang siput yang dibuat dari tepung terigu yang dicetak serupa dengan cangkang siput. Rasanya manis tapi terbalut gula yang digoreng langsung dalam minyak. Karenanya kue ini jadi terasa gurih dan bikin Anda tidak bisa berhenti mengunyah.

Atau juga mau variasi lain. Coba saja kurma Bengkulu yang sebenarnya manisan terong ungu. Yang pasti semua oleh-oleh khas Bengkulu ini, dibuat tanpa bahan pengawet namun bisa awet hingga tiga bulan.

Dijual mulai dari harga Rp 10 ribu per kemasan, oleh-oleh ini bisa didapatkan di kios-kios sepanjang Jalan Soekarno-Hatta, Bengkulu. Selain makanan, batik besurek berhias kaligrafi huruf Arab gundul atau souvenir bermotif bunga rafflesia bisa juga jadi pilihan oleh-oleh khas Bengkulu.(IAN)