Shuffle Dance, Tren Tarian Masa Kini

  • Berita
  • 0
  • 18 Agu 2011 15:05

110818shuffle-dance.jpg
Liputan6.com, Jakarta: Seiring berjalannya waktu berbagai macam jenis tarian 'street dance' terbaru bermunculan di kehidupan tren anak muda saat ini. Sejak masuknya aliran musik Hip Hop ke Indonesia pada awal '90-an, tarian jenis ini berkembang cukup pesat, seperti 'Break Dance'. Namun, kali ini tren tarian dihebohkan dengan jenis baru yang disebut 'Shuffle Dance'.

Street dance dikenal juga sebagai vernacular dance. Vernacular kurang lebih dapat diartikan sebagai menggunakan naluri/insting. Gaya tarian ini tidak terkungkung oleh satu bentuk tertentu dan bebas bergerak serta berekspresi mengikuti irama musik yang ada. Definisi ini menunjukkan, improvisasi merupakan salah satu elemen penting dalam street dance, yang pada akhirnya memicu munculnya banyak gaya/aliran dalam street dance.

Shuffle Dance adalah salah satu cabang tarian street dance yang trennya diawali pada akhir dekade 1980-an dan berasal dari Melbourne Underground Scene, Australia. Secara sekilas memang mirip dengan tari jazz. Kemudian, pada 2004 shuffle dance kembali marak di Australia.

Menurut salah seorang penggemar shuffle dance, tarian ini sampai di Indonesia pada 2006 dengan jumlah komunitas yang sangat sedikit. Dan, shuffle dance kembali marak di Tanah Air pada akhir 2009. Tarian ini, kini jadi tren tarian baru. Banyak komunitas tarian ini pun terbentuk dan menggelar ajang-ajang shuffle meet up.

Gerakan tarian ini juga bisa dibilang cukup unik, yang hanya berfokus pada gerakan kaki. Gerakan dasar shuffle ini adalah 'The Running Man' dan 'Shuffle' atau lebih dikenal T Step. Gerakan running man itu dilakukan dengan dua langkah jalan ditempat tetapi tidak maju-maju, sementara gerakan shuffle masih terbagi menjadi beberapa jenis lagi.

Gerakan-gerakan lainnya adalah seperti Hard Style, Old Style, Melbourne Shuffle, dan Malaysian Style 'Mas'. Membicarakan jenis tarian ini pasti tak jauh dengan outfit atau kostum. Banyak penari shuffle lebih memilih banyak memakai jaket, jeans, dan sepatu sneakers. Bagi para penari Aussie biasanya mereka tampil lebih santai yang hanya mengenakan kaos dan kemeja.

Bagi yang penasaran dengan tarian jenis ini, silakan Anda browsing di situs berbagi video YouTube. Di sana banyak para penari shuffle memamerkan tarian ini. Tren tarian ini juga diusung oleh grup rapper asal AS, LMFAO, dalam videoklipnya yang berjudul 'Party Rock Anthem' sebagai tema tarian utamanya. (berbagai sumber/MEL)