Ayam Guling Bumbu Asli Bali

  • Kuliner
  • 0
  • 06 Jan 2011 07:01

110106aayam-guling.jpg
Liputan6.com, Denpasar: Bali memiliki kuliner khas tradisional, yakni babi guling. Namun tak semua orang bisa menikmati makanan tersebut, terutama kaum muslim. Karena itu akhirnya dibuat menu baru, yaitu ayam guling supaya semua kalangan bisa mencicipinya. 

Untuk mendapatkan menu baru nan unik ini Anda hanya perlu melewati Jalan Teuku Umar, Denpasar, Bali. Di tempat itu akan dijumpai pondok ayam guling.

Cara memasaknya, ayam yang sudah tak berbulu dicuci bersih dan jeroannya disisihkan. Daging kemudian ditusuk dengan kayu dan dimasukkan ke dalam perut ayam. Selanjutnya campurkan bumbu rempah khas Bali yang disebut dengan rajangan bumbu genap. Campuran bumbu itu terdiri dari jahe, bawang merah, kunyit dan cabe yang dicincang halus dan dimasak dengan campuran minyak kelapa.

Setelah itu perut ayam diikat dengan tali agar campuran bumbu genapnya tidak keluar saat dibakar atau diguling diatas bara api. Satu porsi ayam guling dijual dengan harga Rp 9.000. Namun bila berminat satu ekor ayam guling disantap ramai-ramai dengan rekan atau keluarga juga bisa dengan harga Rp 80 ribu.(IAN)