Bangkitkan Energi dengan Sarapan Terbaik

  • Berita
  • 0
  • 03 Des 2010 10:08
Liputan6.com, Jakarta: Bangkitkan energi Anda di pagi hari dengan asupan makanan yang terbaik. Sarapan sehat adalah kunci awal dari pola hidup sehat dan gaya hidup yang aktif. Pastikan menu sarapan pagi Anda memenuhi kriteria vitamin dan mineral yang cukup, protein dan asam amino sesuai kebutuhan dan karbohidrat yang berindex glikemik rendah untuk mengontrol gula darah Anda.

Berikut ini ada beberapa cara membuat makanan sarapan anda lebih baik lagi:
  1. Pilih menu makanan lengkap, sarapan yang ideal itu berupa campuran dari protein, karbohidrat, dan lemak sehat. Protein dan lemak akan membuat Anda lebih kenyang. Sementara karbohidrat memberikan dorongan energi. Pastikan Anda menghindari lemak jenuh dan memilih gandum.
  2. Kurangi makanan bergaram, jika Anda bangun tidur dengan perut terasa kembung. Pastikan untuk memperhatikan asupan makanan Anda yang mengandung garam. Dan pastikan juga tidak lebih dari 500 mg per makanan, yang berarti anda harus menjauhi makanan beku atau kemasan.
  3. Pilih sereal yang mengandung serat, lemak dan kadar gula yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya saja, pilih sereal yang setidaknya memiliki 3 gram serat dalam setiap penyajian. Periksa juga label breakfast bar seperti Anda memeriksa kandungan sereal. Beri perhatian lebih pada informasi kandungan lemak, serat dan gula. Kebanyakan sereal, granola dan breakfast bar cenderung mengandung banyak gula dibanding serat. Target asupan serat per hari sebaiknya sebanyak 6 gram pada saat sarapan.
  4. Cara lain yang cepat dan mudah untuk memaksimalkan menu sarapan Anda adalah dengan selalu menyediakan kismis dan kacang di dapur. Kismis dapat dijadikan sebagai pengganti buah segar saat persediaan buah Anda sedang kosong. Dan kacang, tidak hanya sekedar baik sebagai kudapan namun juga dapat membuat sarapan menjadi lebih sehat dengan kandungan lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Sedikit lemak sehat di dalam sarapan dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan juga membantu tubuh menyerap nutrisi lebih baik dari makanan yang akan dimakan setelah sarapan.
  5. Saat membeli jus buah, pilih yang murni tanpa gula tambahan, pemanis buatan, dan zat perwarna. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, beli saja buah-buahan segar dan buat sendiri jus yang Anda mau. Rasanya akan lebih nikmat!
Berikut adalah jenis-jenis sarapan terbaik yang Anda bisa mulai:
  • Oatmeal atau sereal dingin dengan susu
  • Breakfast bar tinggi serat
  • Buah segar
  • Yogurt rendah lemak
  • Roti gandum panggang dengan selai kacang
  • Kopi atau teh tanpa krim
  • Jus buah
(prevention/JAY/MEL)
Comments 0
Sign in to post a comment