Simping Kaum Murah dan Gurih

  • Berita
  • 0
  • 29 Jul 2010 17:40

100731bakt-simping.jpg
Liputan6.com, Purwakarta: Simping kaum banyak dicari belakangan ini. Maklum saja rasa makanan khas Purwakarta, Jawa Barat ini sangat renyah dan gurih. Cemilan pipih berbentuk bulat ini bahan utamanya terbuat dari campuran tepung terigu, tapioka, dan santan yang dibentuk adonan. Campuran itu kemudian dipanggang dengan alat khusus.

Seiring banyaknya pesanan ke sejumlah daerah di Indonesia, produksi simping meningkat. Dalam sehari, para pembuat simping rata-rata menghabiskan sekitar 32 kilogram tepung terigu. Hasilnya, tepung terigu sebanyak itu menghasilkan sekitar 180 bungkus simping.

Kebanyakan para pembuat simping ini adalah warga setempat. Saat ditemui SCTV, belum lama ini, Nunik mengatakan pembuat simping makanan ini tersedia beraneka rasa, ada rasa pandan, nangka, cabai, bawang, udang, keju, pisang, susu, dan kencur. Simping kaum dijual di setiap warung atau toko di Purwakarta dengan harga relatif murah. Harganya sekitar Rp 5 ribu hingga Rp 6 ribu per bungkus.

Karena keanekaragaman cita rasa dan jenis kuenya, produk kue-kue kering buatan ini menjadi incaran para pelancong. Baik untuk buah tangan sekaligus wisata kuliner ke pembuatnya langsung.

Saat ini simping tidak hanya di produksi di Purwakarta. Makanan ini juga ada di Karawang dan Subang, Jabar. Meski demikian rasanya tak kalah dengan simping hasil produksi Purwakarta.(AIS)