Es Daluman, Minuman Berbuka untuk Atasi Sembelit

  • Berita
  • 0
  • 03 Sep 2009 09:59

t090903besdaluman.jpg
Liputan6.com, Denpasar: Sebagian umat Muslim mungkin ada yang mengeluh sembelit atau susah buang air besar selama menjalankan puasa Ramadan. Namun kini, ada cara untuk mengatasi masalah tersebut tanpa harus minum obat, yaitu dengan mengonsumsi Es Daluman. Cara inilah yang kerap dilakukan umat Muslim di Kampung Jawa, Kota Denpasar, Bali.

Es Daluman merupakan minuman yang terbuat dari daun daluman dicampur dengan daun jempiring. Agar lebih segar minumnya dicampur dengan es batu, gula merah cair, dan santan. Ditempat lain, minuman sejenis ini mungkin biasa disebut cingcauw atau cauw.

Banyak warga yang menyukai minuman tersebut karena sangat cocok diminum saat berbuka puasa. Selain rasanya yang segar, harganya pun murah meriah, yakni hanya Rp 2.500 per bungkus. Saat Ramadan, minuman ini banyak beredar di Kampung Jawa, Denpasar.

Cara pembuatan minuman ini sangat mudah. Awalnya daun daluman yang sudah dicampur air diremas-remas hingga berbusa dan mengental. Untuk mempercepat pengerasan, biasanya dicampur dengan daun jempiring. Selanjutnya, remasan daun daluman dan jempiring disaring hingga bersih, kemudian didiamkan di tempat yang sejuk selama 3-4 jam hingga mengeras.

Setelah mengeras, bisa langsung dikonsumsi dengan campuran santan, air gula merah, dan es secukupnya. Minuman tradisional ini dipercaya memiliki khasiat yang cukup banyak. Selain dapat mengatasi sembelit, minuman ini ternyata juga dapat mengurangi panas dalam.(UPI/LUC)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment