Sukses

Pasien Suspect Flu Babi Dirawat di Pati

Evi Zulianti baru saja pulang menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci. Dia menjalani observasi dan pengawasan intensif dari dokter spesialis penanganan kasus flu burung dan flu babi.

Liputan6.com, Pati: Rumah Sakit Keluarga Sehat Pati, Jawa Tengah, dilaporkan merawat seorang pasien suspect flu babi (H1N1), hingga Sabtu (18/7) ini. Pasien bernama Evi Zulianti tersebut diduga terjangkit flu babi sepulang menjalankan ibadah umroh di Tanah Suci. Pasien yang terdata sebagai warga Desa Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Pati, Jateng, itu masih mendapat perawatan di ruang isolasi RS. Evi ditangani langsung oleh dokter spesialis yang khusus menangani kasus flu burung dan flu babi.

Menurut dokter Yusuf Kristiyadi yang merawat pasien suspect flu babi, Eva datang langsung ke RS pada Kamis silam, sekitar pukul 17.00 WIB. Rupanya, sepulang dari Tanah Suci, perempuan berusia 33 tahun itu menderita demam tinggi dan batuk yang tak berkesudahan. Setelah mencoba bertahan hingga tiga hari, akhirnya Evi tak kuat lagi, dan memilih masuk ke RS. Dokter Yusuf menambahkan, bila dilihat dari ciri-cirinya, diduga kuat Evi terjangkit virus H1N1.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati Edi Sulistiyono menegaskan, untuk sementara Evi Zulianti memang masih menjalani perawatan intensif. Pihak RS Keluarga Sehat juga telah mengirimkan hasil pemeriksaan Rapid Test dokter kepada dinkes setempat. Diperkirakan satu atau dua hari mendatang, kepastian hasilnya bakal diketahui. Edi juga menambahkan bahwa sejauh ini persediaan obat Tami Flu masih mencukupi untuk pasokan wilayah Pati.

Bila terbukti positif, Evi menambah data pasien suspect flu babi di Indonesia. Sebelumnya, ada tambahan dua orang pasien suspect yang dirawat di RS Hasan Sadikin, Bandung, Jawa Barat [baca: Pasien Penderita Gejala Mirip Flu Babi Bertambah].(EPN)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini